Cara Menggunakan Fungsi IF, Microsoft Excel


Ketika mempelajari penggunaan fungsi pada Microsoft Excel, bisa dikatakan bahwa Fungsi IF adalah fungsi yang pertama kali dipelajari. Fungsi yang cukup sederhana dan memiliki banyak kegunaan bahkan bisa menggantikan fungsi lainnya.

Konsep sederhana dari Cara Menggunakan Fungsi IF Pada Microsoft Excel adalah dengan mengajukan pertanyaan yang hanya memiliki dua jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak” kemudian disertai dengan penjelasannya.

Baca Juga : 3 Cara Menulis Rumus Di Microsoft Excel

Misalnya pertanyaan “Apakah besok akan hujan ?” Jika jawabannya “Ya” maka Saya akan membawa payung dan jika jawabanya “Tidak” maka Saya tidak akan membawa payung. Pertanyaan “Apakah besok hujan?”, Jika kita buat dalam tabel pada Microsoft Excel misalnya sebagai berikut :



Bentuk Penulisan Fungsi IF : =IF(logical_test;value-_if_true;value_if_false)

Pada Sel C6, rumus fungsi yang dimasukkan adalah IF(B6=”Ya”;C2;C3). Secara logika rumus ini menggunakan B6 sebagai pertanyaan dengan jawaban default adalah “Ya”, yang juga berarti bahwa jika B6 kosong maka C6 akan bernilai “Saya tidak akan membawa payung” atau nilai C3.

IF(B6=”Ya”;C2;C3) bisa dibaca dengan Jika Sel B6 memiliki nilai “Ya” maka Sel C6 akan bernilai sama dengan nilai C2 (Saya akan membawa payung) dan Jika sel B6 tidak bernilai “Ya” (bernilai “Tidak” atau kosong) maka sel C6 akan bernilai sama dengan C3 (Saya Tidak Akan Membawa Payung).

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa B6=”Ya” adalah logika atau pertanyaan yang diuji (logical_test) dengan nilai C2 adalah jawaban BENAR (value_if_true) dan nilai C3 adalah jawaban SALAH (value_if_false).

1 Response to "Cara Menggunakan Fungsi IF, Microsoft Excel"